Skip to main content

Tugas 2 Sistem Operasi

Manajemen Proses

Proses adalah program dalam eksekusi. Suatu proses adalah lebih dari kode program, dimana kadang kala dikenal sebagai bagian tulisan. Proses juga termasuk aktivitas yang sedang terjadi, sebagaimana digambarkan oleh nilai pada program counter dan isi dari daftar prosesor/ processor’s register. Suatu proses umumnya juga termasuk process stack, yang berisikan data temporer (seperti parameter metoda, address yang kembali, dan variabel lokal) dan sebuah data section, yang berisikan variabel global. suatu program adalah satu entitas pasif, seperti isi dari sebuah berkas yang disimpan didalam disket, sebagaimana sebuah proses dalam suatu entitas aktif, dengan sebuah program counter yang mengkhususkan pada instruksi selanjutnya untuk dijalankan dan seperangkat sumber daya/ resource yang berkenaan dengannya.

rocess Control Block(PCB)

Masing-masing proses direpresentasikan oleh Sistem Operasi dengan menggunakan Processs Control Block(PCB).

1. Status Proses. New, Ready, running, waiting, terminated, dll.
2. Program Counter, Menunjukkan alamat berikutnya yang akan dieksekusi oleh proses tersebut.
3. CPU Registers. Registyer bervariasi tipe dan jumlahnya tergantung arsitektur computer yang bersangkutan. Register-register tersebut terdiri atas:accumulator, index register, stack pointer, dan register serbaguna dan beberpa informasi tentang kode kondisi. Selama Program Counter berjalan, status informasi harus disimpan pada saat terjadi interrupt.

Informasi Penjadwalan CPU. Informasi tersebut berisi prioritas dari suatu proses, pointer ke antrian penjadwalan, dan bebarpa parameter penjadwalan yang lainnya.

Informasi Manajemen Memori

Informasi tersebut berisi nilai(basis) dan limit register, page table atau segment table tergantung pada system memory yang digunakan oleh SO.

Informasi Accounting

Informasi tersebut berisi jumlah CPU dan real time yang digunakan, time limits, account numbers, jumlah job atau proses, dll.

Informasi Status I/O

Informasi tersebut berisi deretan I/O device(sperti tape driver) yang dialokasikan untuk proses tersebut, deretan file yang dibuka, dll.

Scheduling Queue

Proses-proses yang masuk pada suatu proses akan diletakkan ke dalam job queue. Sedangkan proses-proses yang ada di memori utama dan menunggu untuk dieksekusi diletakkan pada suatu list yang disebut dengan ready queue. Queue ini disimpan sebagai linked list dan berisi pointer awal dan akhir PCB. Tiap-tiap PCB memiliki suatu pointer field yang menunjukkan ke proses berikutnya dalam ready queue. Deretan proses yang sedang menunggu peralatan I/O tertentu disebut dengan device queue. Gambar 3.4 menunjukkan contoh ready queue dan device queue.

Schedulers

Ada 2 bentuk scheduler, yaitu:

1. The Longterm Scheduler(job scheduler), menyeleksi proses-proses dari suatu pool dan membawanya ke memori utama untuk dieksekusi.
2. The Short-term Scheduler(CPU scheduler). Menyeleksi proses-proses yang siap untuk dieksekusi, dan mengalokasikan CPU ke salah satu dari proses-proses tersebut.

Context Switch

Context Switch adalah proses penyimpanan status proses dan mengambil status proses yang baru pad asst terjadi switching.

Pembuatan Proses

Ada beberapa aktifitas berkenaan dengan pembuatan proses, antara lain:

1. Memberi identitas(nama) pada proses yang dibuat
2. Menyisipkan proses pada list proses atau table proses
3. Menentukan prioritas awal proses
4. Membuat PCB
5. Mengalokasikan resource awal bagi proses tersebut

Ada beberapa kejadian yang menyebabkan pembuatan suatu proses baru, antara lain:

1. Pada lingkungan batch sebagai tambahan atas pemberian job. Setelah menciptakan proses baru, system operasi melanjutkan untuk membaca job selanjutnya.
2. Pada lingkungan interaktif, pada saat user baru saja login
3. Sebagai tanggapan attas suatu aplikasi(seperti:mencetak file, system operasi dapat menciptakan proses yang akan mengelola pencetakan itu).
4. Proses menciptakan proses lain(child).

Selama eksekusi, suatu proses mungkin akan membuat suatu proses yang baru. Proses tersebut dinamakan parent, sedangkan proses yang dibuat dinamakan child.

Pada UNIX, parenta akan membentuk child dengan menggunakan FORK system call. Setelah pemanggilan FORK, paret kembali berjalan secara parallel dengan child. Demikian pula, child dapat meanggil FORK untuk membentuk child lainnya. Lain halnya dengan DOS, pada MS-DOS, system call akan memanggil binary file tertentu yang ada pada memori dan mengeksekusinya sebagai child. Parent akan running kembali setelah child selesai eksekusi. Dengan demikian parent dan child tidak dapat berjalan secara parallel.

Bentuk eksekusi:

- Parent melanjutkan eksekusi beriringan dengan children

- Parent menunggu hingga beberapa atau seluruh children selesai

Bentuk ruang alamat:

- Child proses adalah duplikat dari parent proses

- Child proses telah memanggil program ke dirinya

Pada akhir proses, child mengembalikan hasil proses pada parent-nya untuk mengantisipasi hal ini, suaut proses hanya boleh memiliki satu parent tapi satu parent boleh memiliki lebih dari satu child.

Penghentian Proses

Suatu proses berhenti jika telah menyelesaikan pernyataan terakhir, dan meminta pada system operasi untuk menghapusnya dengan menggunakan exit system call. Proses mengembailkan semua data (output) ke parent proses. Kemudian proses dihapus dari list atau table system, dilanjtukan dengan menghapus PCB.

Penghapusan proses ini akan menjadi sangat kompleks jika teryata proses yang akan dihentikan tersebut membuat proses-proses yang lain, Pada beberapa system, proses-proses anak akan dihentikan secara otomatis jika proses induknmya dihentikan. Namun, ada beberapa system yang menganggap bahwa proses anak ini tidak iktu dihentikan secara otomatis pada saat proses induk dihentikan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara servis hasil print tidak lurus

Pada kesempatan ini Mas Mukhlas akan mem-Post-ing cara service printer. Kerusakannya pada hasil cetakan yang tidak lurus, atau hasil cetakannya ada bayang-bayangnya, biasanya dibuat untuk cetak garis atau tabel akan menghasilkan garis double. Pernah mengalami hal demikian, mari simak cara mengatasinya.

Bongkar printer (untuk cara bongkar printer epson seri C58,C90,T11,T20,T20E bi dilihat DiSini)

Amati encodernya. Encoder adalah pita sensor yg terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :


Penampakan Encoder Printer



Encoder masih berada di printer (Canon)

Encoder masih berada di printer  (Epson)


 neh gan encodernya rusak kena cipratan tinta


Kalau kasus ini : encoder kena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di encoder tersebut. untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, coba cara berikut yaitu dengan merendam encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta cob…

artikel psk

ARTIKEL TENTANG PENGANTAR SYSTEM KOMPUTER


Pengaturan software
Ada beberapa hal yang dapat dikelola dalam kaitan pengaturan software didalam system operasi linu SUSE,antara lain yaitu:
Mengubah sumber instalasi,dilakukan apabila ingin mengganti sumber instalasi untuk instalasi software.Update secara onlineMelakukan instalasi dan mengubah softwareupdate system Pengaturan hardware
Berbagai macam hardware di computer dapat dikonfigurasmnya konfigurasi hardware dapat dilakukan dengan dua cara,yaitu konfigurasi manual,dan konigurasi otomatis.Dalam pengaturan hardware juga dapat dikelola tampilan layar,kedalaman warna,hingga resolusi gambar.Suara ,dan multimedia juga dapat diolah secara terpadu.

Pengaturan Piranti Jaringan
Disini dapat diatur semua kartu jaringan,dari no IP sampai menetukan DNS server.Pemgaturan modem,DSL,ISDN,juga ada disini.
Pengaturan Layanan jaringan

Cara Reset Printer Canon IP 2770

Teman bloger ssaya mau sedikit berbagi ilmu. Kali saya mau kasih sedikit ilmu tentang cara mereset canon IP 2770. Printer canon IP 2770 atau sebagainya biasanya memerlukan resetter sendiri untuk meresetnya. Reseter ini gunanya unntuk mengembalikan pengaturan printer ke awal lagi sperti kita merest HP. Merk Canon memang dibuat seperti ini karena untuk menghindari rusak nya catridge.  Bagi orang yang belum tahu dan orang awam istilahnya memang ini sangat menggangu dan dikiranya rusak berat. Padahal kalau sudah tau dan bisa mempraktekannya ini sangatlah mudah.

Untuk melakukan proses resetter ini sobat semua pastinya juga memerlukan softwarenya. Anda bisa download softwarenya  Download software