Customer Relationship Management itu sendiri mempunyai arti luas,CRM memiliki arti sebuah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise, kalau besar ukurannya) untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan.
Di prodi teknik informatika UAD seharusnya juga mempertimbangkan system nya dengan integrasi CRM nya agar para pelanggan merasa puas dengan kenyaman dan pelayanan terhadap mahasiswa maupun dosen pada menu IT Center UAD tersebut.
Sangatlah penting CRM bagi UAD dalam megelola Prodi karena itu juga akan menimbulkan kepuasan dan nantinya akan menghasilkan timbal balik pula yang baik terhadap prodi.Hubungan yang solid dan memiliki ikatan emosional antara mahasiswa dengan UAd dibangun dengan kepercayaan, pengertian, komunikasi, dan kesetiaan; yang semua itu memakan waktu untuk merealisasikannya, bahkan untuk memperpanjangnya sebaik mungkin.
Seharusnya pihak prodi tahu apa yang diingini oleh mahasiswa dan dosen dalam pelayanan prodi itu sendiri.Dengan ini nantinya prodi juga akan mudah dalam mengontrol dan yang jelas menimbulkan UAD yang memiliki proses bisnis terhadap pelayan yang baik.Dengan adanya CRM tidak akan adanya kesalahpahaman dan kontra dari mahasiswa maupun dosen.Intinya CRM akan memberi manfaat bagi UAD dan nantinya aka mengerti siapa dan untuk siapa pelayanan tersebut.
Jadi UAD harus mempertimbangkan pelyanan terhadap mahasiswa dan dosen dengan mengacu CRM tersebut.
Di prodi teknik informatika UAD seharusnya juga mempertimbangkan system nya dengan integrasi CRM nya agar para pelanggan merasa puas dengan kenyaman dan pelayanan terhadap mahasiswa maupun dosen pada menu IT Center UAD tersebut.
Sangatlah penting CRM bagi UAD dalam megelola Prodi karena itu juga akan menimbulkan kepuasan dan nantinya akan menghasilkan timbal balik pula yang baik terhadap prodi.Hubungan yang solid dan memiliki ikatan emosional antara mahasiswa dengan UAd dibangun dengan kepercayaan, pengertian, komunikasi, dan kesetiaan; yang semua itu memakan waktu untuk merealisasikannya, bahkan untuk memperpanjangnya sebaik mungkin.
Seharusnya pihak prodi tahu apa yang diingini oleh mahasiswa dan dosen dalam pelayanan prodi itu sendiri.Dengan ini nantinya prodi juga akan mudah dalam mengontrol dan yang jelas menimbulkan UAD yang memiliki proses bisnis terhadap pelayan yang baik.Dengan adanya CRM tidak akan adanya kesalahpahaman dan kontra dari mahasiswa maupun dosen.Intinya CRM akan memberi manfaat bagi UAD dan nantinya aka mengerti siapa dan untuk siapa pelayanan tersebut.
Jadi UAD harus mempertimbangkan pelyanan terhadap mahasiswa dan dosen dengan mengacu CRM tersebut.
Comments